Tugas 1 Sistem Operasi.

1. Jenis-jenis RAM dan Rom

A. RAM (Random Access Memory)

Random access memory (RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belum populer karena harganya yang sangat mahal.
Saat itu lebih_lazim_untuk_menggunakan_memori_utama_magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi_RAM,_lebih_tepatnya_jenis_DRAM. _Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.
Jenis-jenis RAM Berdasarkan cara kerja:
1. SRAM (Static Random Access Memory)
RAM yang digunakan sebagai memori tambahan yang tersembunyi


2. Fast Page Mode DRAM (FPM DRAM)

DRAM sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Random Access Memory. Dinamakan Dynamic karena jenis memori ini pada setiap interval waktu tertentu, selalu memperbarui keabsahan informasi atau isinya. DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz.
3. Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)



Dynamic Random Access Memory (EDO DRAM) yang merupakan penyempurnaan dari FPM. Memori EDO dapat mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen. EDO mempunyai access time yang cukup bervariasi, yaitu sekitar 70ns hingga 50ns dan bekerja pada frekuensi 33MHz hingga 75MHz. Walaupun EDO merupakan penyempurnaan dari FPM, namun keduanya tidak dapat dipasang secara bersamaan, karena adanya perbedaan kemampuan.
4. Synchronous DRAM (SDRAM)


Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM) ini kemudian lebih dikenal sebagai PC66 karena bekerja pada frekuensi bus 66MHz. Berbeda dengan jenis memori sebelumnya yang membutuhkan tegangan kerja yang lumayan tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan sebesar 3,3 volt dan mempunyai access time sebesar 10ns.
Sistem berbasis prosessor Soket 7 seperti Intel Pentium klasik (P75 – P266MMX) maupun kompatibelnya dari AMD, WinChip, IDT, dan sebagainya dapat bekerja sangat cepat dengan menggunakan memori PC66 ini.vBahkan_Intel_Celeron_II_generasi_awal_pun_masih_menggunakan_sistem_memori_SDRAM_PC66.
5. Rambus DRAM (RDRAM)


Rambus Dynamic Random Access Memory hanya menggunakan tegangan sebesar 2,5 volt, RDRAM yang bekerja pada sistem bus 800MHz melalui sistem bus yang disebut dengan Direct Rambus Channel, mampu mengalirkan data sebesar 1,6GB per detiknya! (1GB = 1000MHz). Sayangnya kecanggihan DRDRAM tidak dapat dimanfaatkan oleh sistem chipset dan prosessor pada kala itu sehingga memori ini kurang mendapat dukungan dari berbagai pihak.
6. Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)

DDR SDRAM mampu menjalankan dua instruksi dalam waktu yang sama. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif maupun gelombang negatif. Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM yang merupakan kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access_Memory.
Dengan memori DDR SDRAM, sistem bus dengan frekuensi sebesar 100 – 133 MHz akan bekerja secara efektif pada frekuensi 200 – 266 MHz.

B._ROM (Read Only Memory)
ROM adalah kependekan dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis secara berulang-ulang. Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang disimpan tidak mudah menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan. Karena itu memori ini biasa digunakan untuk menyimpan program utama dari suatu sistem. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan.
Jenis-jenis ROM:
1. PROM_(Progammable_Read-Only-Memory)
Jika isi ROM ditentukan oleh vendor, PROM dijual dalam keadaan kosong dan kemudian dapat diisi dengan program oleh pemakai. Setelah diisi dengan program, isi PROM tak bisa dihapus.




2. (Erasable_Programmable_Read-Only-Memory)
Berbeda dengan PROM, isi EPROM dapat dihapus setelah diprogram. Penghapusan dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet.



3. EEPROM_(Electrically_Erasable_Programmable_Read-Only_Memory)
EEPROM dapat menyimpan data secara permanen, tetapi isinya masih bisa dihapus secara elektris melalui program. Salah satu jenis EEPROM adalah Flash Memory. Flash Memory biasa digunakan pada kamera digital, konsol video game, dan cip BIOS.


2. Proses ALU (Aritmathic Logical Unit)
Unit Aritmetika dan Logika merupakan bagian pengolah bilangan dari sebuah komputer. Di dalam operasi aritmetika ini sendiri terdiri dari berbagai macam operasi diantaranya adalah operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagianMendesain ALU juga memiliki cara yang hampir sama dengan mendesain enkoder, dekoder, multiplexer, dan demultiplexer. Rangkaian utama yang digunakan untukmelakukan perhitungan ALU adalah Adder. Adder adalah rangkaian ALU (Arithmetic and Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan.
1. Rangkaian Adder yang hanya menjumlahkan dua bit disebut Half Adder.
2. Rangkaian Adder yang menjumlahkan tiga bit disebut Full Adder.
3. Rangkaian Adder yang menjumlahkan banyak bit disebut paralel Adder
a) Half Adder
Rangkaian half adder merupakan dasar penjumlahan bilangan biner yang masing-masing hanya terdiri dari satu bit, oleh karena itu dinamakan penjumlah tak lengkap.

Rangkaian Half Adder
b) Full Adder
Full adder mengolah penjumlahan untuk 3 bit bilangan atau lebih (bit tidak terbatas), oleh karena itu dinamakan rangkaian penjumlah lengkap

Rangkain Full Adder
c) Parallel Adder
Parallel Adder adalah rangkaian Full Adder yang disusun secara parallel dan berfungsi untuk menjumlah bilangan biner berapapun bitnya, tergantung jumlah FullAdder yang diparallelkan



3. Process Control
System call menyediakan antar muka antara program yang sedang berjalan dengan sistem operasi. System call biasanya tersedia dalam bentuk instruksi bahasa assembly. Pada saat ini banyak bahasa pemrograman yang digunakan untukmenggantikan bahasa assembly sebagai bahasa pemrograman sehingga sistem call dapat langsung dibuat pada bahasa tinggat tinggi seperti bahasa C dan C++.
Terdapat 3 (tiga) metode yang umum digunakan untuk melewatkan parameter antara program yang sedang berjalan dengan sistem opeasi yaitu :
a. Melewatkan parameter melalui register.
b. Menyimpan parameter pada tabel yang disimpan di memori dan alamat table tersebut dilewatkan sebagai parameter di register seperti Gambar 2-1.
c. Push (menyimpan) parameter ke stack oleh program dan pop (mengambil) isistack yang dilakukan oleh system operasi.
Pada proses kontrol hal-hal yang dilakukan adalah :
• Mengakhiri (end) dan membatalkan (abort);
• Mengambil (load) dan eksekusi (execute);
• Membuat dan mengakhiri proses;
• Menentukan dan mengeset atribut proses;
• Wait for time;
• Wait event, signal event;
• Mengalokasikan dan membebaskan memori.

4. Kelebihan dan kekurangan dari platform :
a. Windows
Kelebihan :
• User friendly
• Banyaknya aplikasi yang diperuntukan bagi windows
• Kompatibel dengan berbagai software
• Penggunaan bahasa umum dan luas
Kekurangan :
• Harga relatif tinggi (untuk yang berlisensi)
• Tingkat security yang kurang aman, sering di serang oleh virus
b. Linux
Kelebihan :
• Tingkat security relative lebih aman dibanding OS lain, jarang terkena virus
• Harga murah/gratis
Kekurangan :
• Selalu tidak kompatibel dengan software lain
• Penggunaan bahasa terbatas
• Tampilannya terlihat kaku
c. MacOS
Kelebihan :
• Tampilan simple dan elegan
• Bagus bagi penyuka grafis
• Penggunaan bahasa umum
• Keamanan powerful
Kekurangan :
• Hanya kompatibel dengan software tertentu
• Harga relatif mahal
• Tampilan dan menu OS kurang user friendly


Download document lengkap Tugas 1

Komentar

Postingan Populer